Sunday 12 March 2017

Cara Menyembunyikan Ip Address Kita

Cara Menyembunyikan Ip Address Agar Tidak Terdeteksi - Ip address atau dalam bahasa indonesia alamat ip adalah singkatan dari internet protocol, alamat ip berfungsi untuk saling berkomunikasi atau menghubungkan suatu komputer ke komputer yang lainnya.

Alamat ip kalo menurut saya sendiri bisa di artikan semacam identitas kita di internet, jika di dalam kehidupan nyata kita mempunyai yang namanya identitas berupa ktp, didalam dunia mayapun kita juga mempunyai suatu identitas yaitu berupa alamat ip.

Cara menyembunyikan IP address
Bedanya ktp untuk identitas kita di kehidupan sehari-hari (nyata), sedangkan alamat ip untuk identitas kita di dunia internet. Saat sobat sedang asik menjelajah sana sini di internet, tanpa sobat sadari sobat telah meninggalkan jejak ataupun catatan di dalam server yang sobat kunjungi.

Sehingga semua aktifitas sobat di internet telah tersimpan dan dapat di intip oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, bukan tidak mungkin mereka yang suka usil dapat mencuri semua data-data penting milik sobat dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui di dalam dunia maya banyak sekali situs-situs yang sangat berbahaya, dan banyak sekali mata-mata yang mengawasi aktifitas kita. Jika sobat menggunakan ip asli maka keamanan data sobat bisa terancam di curi, dan bisa saja disalah gunakan untuk kejahatan.

Jika sobat tidak menginginkan terjadinya hal-hal seperti itu, ada baiknya sobat harus mengantisipasinya terlebih dahulu. Yaitu dengan cara menyembunyikan identitas yang asli, supaya sobat terhindar dari segala aktifitas yang membahayakan data penting milik sobat.

Identitas yang saya maksud adalah ip yang sudah saya jelaskan tadi, jadi sobat perlu merubah ip ke negara lain. Cara merubah ip ke negara lain cukup mudah dan simpel, di bawah ini sudah saya rangkum beberapa cara untuk menyembunyikan ip asli sobat.

1. Menggunakan Server Proxy berbasis Website

Server proxy berbasis web adalah salah satu solusi termudah untuk menyembunyikan ip asli sobat ke negara lain, caranya sangat mudah dan simpel sobat hanya perlu mengunjungi website yang menyediakan layanan server proxy.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan server proxy secara gratis ,diantaranya seperti situs hidemyass, proxyserver, proxysite dan lain sebagainya. Kunjungi salah satu situs diatas, nanti sobat akan menemukan kolom untuk mengisi url.

Isi kolom tersebut dengan url web/ situs yang ingin sobat kunjungi, biar lebih mudah tulis url google.com terlebih dahulu setelah masuk google baru sobat berselancar layaknya seperti biasa. Dengan berselancar melalui server proxy, maka sobat telah menyembunyikan ip asli.

Mereka akan membiarkan sobat berselancar kemanapun secara bebas, dan melakukan browsing secara anonim melalui server mereka. Dengan begitu sobat tidak usah khawatir lagi, dengan orang-orang yang ingin mencuri data-data sobat.

2. Menggunakan Server SSH (Secure Shell)

Cara kedua untuk menyembunyikan alamat ip kita bisa menggunakan server dari ssh, namun sebelum kita dapat menggunakan server dari ssh. Sobat perlu membuat akun sshnya terlebih dahulu, jika belum tau caranya bisa simak disini cara membuat akun ssh full speed .

Nah jika sobat sudah mempunyai akun sshnya, langkah selanjutnya tinggal menggunakan akun tersebut. Silahkan di sesuaikan dengan perangkat yang sobat gunakan, semisal sobat menggunakan android gunakan aplikasi ssh tunnel.

Namun jika sobat menggunakan pc seperti laptop atau komputer gunakan software bitvise, buka aplikasinya masukan host ssh, port ssh, nama ssh dan kata sandi ssh. Jika sudah klik star atau konek, dan tunggu hingga koneksi terhubung ke server ssh.

3. Menggunakan Server VPN (Virtual Private Network)

Cara ketiga sobat bisa menggunakan server dari vpn, caranya hampir sama seperti cara menggunakan server ssh. Yaitu sobat perlu membuat akun vpn terlebih dahulu, jika belum tau sobat bisa baca disini cara membuat akun vpn premium .

Jika sobat sudah mempunyai akun vpn, sobat perlu mendownload aplikasi atau software open vpn terlebih dahulu. Setelah itu buka aplikasinya klik impor config yang sudah sobat miliki, dan jika disuruh untuk memasukan nama + password masukan nama vpn sama password vpn sobat.

Tetapi jika dirasa sedikit rumit sobat bisa menggunakan aplikasi openvpn yang instant, lebih mudah dan gampang. Aplikasi instant yang saya maksud disini adalah, sobat tidak perlu repot-repot untuk membuat akun vpn atau mengimpornya.

Karena untuk sekarang sudah banyak aplikasi openvpn yang menyedikan secara simpel dan praktis, sobat bisa mendapatkan aplikasinya di playstore ataupun google. Pilih server negara yang sobat inginkan lalu tekan mulai atau konek, setelah terhubung otomatis ip sobat telah berubah ke negara lain.

4. Menggunakan Aplikasi Hide My Ip

Nah cara yang ke empat ini mudah banget bro, hide my ip adalah salah satu aplikasi yang sangat simpel untuk menyembunyikan ip kamu. Seperti namanya saja kalo di artikan ke indonesia, artinya "sembunyikan ip saya" sudah di pastikan identitas sobat akan terprotek.

Jadi aplikasi ini memang di kususkan untuk menyembunyikan ip sobat, untuk caranya super simpel. Tidak membutuhkan waktu lama untuk dapat merubah ip  ke negara lain, kamu hanya perlu mendownload, dan memilih server yang di inginkan.

5. Menggunakan Aplikasi Orbot

Cara selanjutnya sobat bisa menggunakan jasa dari aplikasi orbot, aplikasi ini sudah tidak di ragukan lagi untuk menutupi identitas kamu. Karena orang yang menggunakan aplikasi ini adalah, orang-orang yang akan mengakses website berbahaya seperti deep web.

Aplikasi orbot benar-benar akan memutupi identitas sobat, secara aman dan rahasia tanpa diketui oleh siapapun. Untuk mendapatkan aplikasinya sobat bisa download di playstore maupun google, sesuai perangkat yang sobat gunakan.

Sedangkan untuk menggunakannya sangat simpel yaitu, buka aplikasinya lalu tekan gambar bawang dan tunggu sampai gambar bawang tersebut berwarna hijau. Jika sudah minimz aplikasinya dan silahkan browsing sesuka hati sobat, tanpa rasa takut data sobat akan di intip.

6. Menggunakan Aplikasi Psiphon

Psiphon merupakan aplikasi terbandel untuk penembus sensor yang sudah di buktikan, selain aplikasi ini dapat menembus sensor dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat menutupi identitas asli sobat dengan aman, merubah ip asli ke negara lain dengan cepat.

Menggunakan aplikasi ini tidak membutuhkan keahlian khusus, sobat hanya perlu mendownload dan memilih server negara yang di inginkan. Setelah itu silahkan tekan connect/ mulai, dan tunggu hingga muncul icon P yang menandakan psiphon sudah terhubung.

7. Isi Dengan Pengalaman Kamu Bro

Nah itulah 6 cara untuk menutupi identitas kamu di internet, jujur saja sebetulnya masih banyak caranya untuk menyembunyikan ip address. Akan tetapi jika saya jelaskan semuanya banyak pake banget bro, bisa-bisa 7 hari 7 malam engga kelar-kelar kan kasian sayanya hehe.

Bonus Cara Mengetahui Ip Kita Sudah Di Sembunyikan

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana caranya menyembunyikan ip asli kamu, ada baiknya kamu juga harus mengetahui bahwa ip kamu sudah di sembunyikan atau belum kamu bisa cek disini whatsmyipaddress.

Ingat-ingat ip asli kamu berapa kalo perlu di catat terlebih dahulu supaya tidak lupa, lokasinya juga di perhatikan setelah itu bandingkan setelah kamu menggunakan cara diatas pasti ip dan lokasi kamu akan berbeda dari yang sebelumnya.

19 comments

kalau untuk menyembunyikan ip saya lebih sering menggunkaan SSH gan :D, tapi baru tau ini kalau ternyata ada tools yang bisa digunakan untuk nyembunyiin ip. BTW thank ya, jadi banyak ilmu nih :)

This comment has been removed by a blog administrator.

saya sih pake SSH gan simpel. Tapi saya jadi tau ternyata ada cara lain juga buat nyembunyiin IP, makasih gan infonya menambah wawasan :)

Owh iya bisa juga ini untuk buka internet positif mungkin yah :D

Iya gan ada banyak memang bukan banyak lagi si malah banget hehehe

Cocok nih buat para hacker :v

Iya soalnya kan proxy berbasis website paling simpel buat nyembunyiin ip, tetapi sayangnya kalo lewat situ lemot padahal cuma melewati satu server saja

Iya gan banyak banget ko ada vpn, proxy dll

Gampang gan ngga pake ribet juga pastinya

Bener banget, semisal di negara kita udah di blok kalo pengen ngakses harus ganti ip ke luar negri supaya tetep dapat di akses

Iya kebanyakan para hacker memanfaatkan proxy sebagai penyamar identitasnya

wah banyak jg y gan caranya

saya sih menggunakan vpn gan, makasih infonya -_-

Mantap tips singkatnya gan

Terima kasih gan jangan lupa di share yah biar yang lain juga tau

This comment has been removed by a blog administrator.

Kalo sdh ke deteck hacker trs kita pakai aplikasi hide my ip...apa masih ke deteck juga ya IP nya?

Berkomentarlah dengan bijak sesuai isi artikel dan jangan menyertakan link aktif
EmoticonEmoticon