Friday 17 March 2017

Jangan Sembarangan Copy Artikel Orang atau Kamu Akan Menanggung Akibatnya !

Sebagai seorang blogger saya yakin semua orang yang mempunyai sebuah blog, pasti tidak ingin kalau artikel yang telah mereka buat di copas atau copy paste oleh seseorang.

Hal itupun berlaku untuk saya sendiri, ya walaupun saya tidak terlalu serius dalam dunia blogging tetap saja saya emosi jika artikel hasil pemikiran saya di copas habis-habisan !

Copas artikel
Salah satu artikel saya yang di copas full
Kenapa saya bisa bicara seperti itu ? Ini adalah kenyataan yang saya rasakan, setelah saya cek semua artikel yang ada di blog ini dengan tools khusus untuk mengetahui sebuah pelanggaran.

Ternyata eh ternyata saya kaget pas melihat hampir semua artikel saya di copas secara full-fullan, saat melihat kejadian itu seketika emosi saya meluap dan tidak terkendali.

Jujur saya sendiri yang sebagai blogger pemula saat ingin menambahkan sebuah foto di dalam sebuah artikel, satupun saya tidak berani ngambil foto dari google, apalagi ngambil artikel tersebut !

Karena saya sadar itu bukan milik saya dan tidak sepantasnya saya berbuat seperti itu! Lebih baik saya jangan update artikel tapi jujur dari pada saya ngambil artikel milik orang lain, lebih baik foto nyleneh dari pada ngambil foto orang !

Itu adalah prinsip yang saya terapkan dalam diri saya dan demi menghargai sesama blogger, makanya jika sobat lihat beberapa foto yang ada di blog ini pasti sedikit nyleneh sama judulnya.

Mungkin dalam benak seorang MALING ARTIKEL mempunyai pemikiran seperti ini, ah palingan kalo saya copy yang punya nda bakalan tau, ah kalo saya copy paling ngga ada hukumannya.

Itu adalah pemikiran yang salah dan saya katakan yang mempunyai pemikiran seperti itu adalah, orang-orang yang sangat-sangat pendek dalam menentukan sebuah langkah !

Sorry kalo kata-katanya kasar tapi jujur gue sengaja boss ! Jaman sekarang gitu loh jamannya serba canggih, kamu mau ngumpetin sebuah kejahatan sekecil apapun juga nantinya bakalan ketahuan !

Kalo di bilang kecewa sungguh saya kecewa pake banget ! Saya adalah orang yang bisa di katakan pemalas banget, untuk menulis beberapa kata saja saya malesnya minta ampun.

Tapi saya paksain sedikit demi sedikit untuk tetap bisa menyelesaikan satu artikel, dengan sabar saya menulis dengan sabar saya merangkai sebuah kata-kata agar terlihat nyaman saat di baca.

Dan tidak lupa saya kasih sedikit bumbu supaya artikel yang saya buat tidak hanya enak di baca saja, tetapi juga supaya bisa menghibur pemirsa yang mungkin lagi sedang galau.

Ya bisa di artikan seperti masakan lah walaupun sudah kita kasih bumbu ini itu tetap saja ada yang masih kurang, makanya biar pelengkap saya tambahkan lagi bumbu-bumbunya.

Ilmu tersebut saya ambil sewaktu-waktu saya menjadi sales kompor selama 3 tahun lamanya, mungkin jika sobat ada yang pernah kerja menjadi sales pasti bisa merasakan apa yang saya rasakan.

Betapa susahnya jadi sales kalo udah turun di lapangan hampir setiap hari ribut di pandang sebelah mata, di hina-hina di usir sampe-sampe saya pernah hampir di bunuh oleh salah satu kepala desa.

Oh iya ko saya jadi curhat yah hehehe sori boss khilaf xixixixi 😂, disitu sobat bisa mengambil sebuah pelajaran dimana betapa susahnya saya merangkai sebuah artikel yang ada di blog ini.

Tapi dengan mudahnya dan dengan PDnya si TUKANG PLAGIAT mengambil artikel saya, hanya dengan menekan jari dua langkah saja yaitu COPY dan PASTE pada blog mereka !

Memang kedengarannya copas artikel orang adalah perkara yang sepele tapi itukan menurut si plagiat, jangan anggap sembarangan boss yang punya adalah pemegang hak cipta dan ada hukuman serius dari perbuatan tersebut !

Coba kalo yang punya artikel atau hak cipta tidak trima dan melaporkan pelanggaran tersebut ke polisi, bisa di proses dengan hukum oknum-oknum yang telah melanggar/ menclaim seenaknya sendiri.

Saya tidak mengada-ngada kalo tidak percaya situ bisa cek di google atau tanyakan pada yang lebih berpengalaman, setelah anda mengetahui hukumannya apakah anda masih mau mencuri artikel orang ?

Kalo iya dan anda tetap melanjutkan perbuatan tersebut, berarti anda juga harus siap menerima konsekuesinya dong ? Berani berbuat harus berani bertanggung jawab !

Harusnya kalo mau jadi blogger copaser yang baik dan benar lebih baik kalo mau copas ijin dulu, sama yang bersangkutan jangan seenaknya sendiri mengambil apa yang bukan milik anda.

Cantumkan link sumber dari informasi tersebut, itupun jangan di copas full kata-kata + fotonya sehingga tidak ada orang yang merasa di rugikan dari apa yang telah anda sampaikan.

Jujur saja untuk blogger pemula seperti saya yang telah di copas saya merasa, sangat-sangat telah di rugikan dengan adanya pelanggaran tersebut tanpa seijin saya dan full copas tanpa link sumber pula.

Disini saya mau blak-blakan saja, jujur sumpah dari awal saya membangun blog ini kurang lebih sudah setengah tahun ini, sampai sekarang sayapun belum pernah merasakan gajian sepeserpun/ seperakpun dari blog ini.

Apakah anda mengetahui kejadian tersebut ? Memang saya sempat memasang iklan di blog ini beberapa saat tetapi untuk mencari 1 dolarpun saya sangat-sangat kesusahan.

Itupun iklannya sangat mengganggu pengunjung akhirnya saya memutuskan untuk mencopot iklan dan merubah menset saya, lebih baik saya tidak dapat duit sama sekali tapi saya bisa berbagi sedikit pengalaman.

Dari pada saya dapet duit tidak seberapa malah ngrusak pengunjung blog, coba bayangkan 1 dolar paling berapa 13rban kan kalo di rupiahkan dan itupun kalo belum sampe 100 dolar gabisa di cairin.

Sedangkan pengeluran saya sehari minim 35rb, belum ongkos buat paketan wiffi dll. Itu saja sudah sangat-sangat rugi malah saya di rugikan lagi dengan adanya pencurian artikel kalo satu masih mending ini hampir semua.

Hp jadul saya pertahanin, laptop mau beli modempun kaga bisa tega lu boss sama gue ! Selain hal tersebut copas juga mempunyai banyak hal negatif yang mana bisa menjelaskan tapi tidak mengerti solusinya.

Contoh jika ada salah satu pengunjung blog bertanya pada artikel yang di hasilkan dari copas, anda mau jawab apa sama pengunjung tersebut ? Sedangkan artikel aja hasil dari curian !

Artikel ini saya buat atas dasar apa yang saya rasakan sekaligus TAMPARAN KERAS BAGI SEORANG PLAGIAT, semoga bisa menjadi pembelajaran yang berharga bagi kita semua sekian dan trimakasih.

13 comments

Bahaya mass menyangkut hak cipta soalnya masuk kategori plagiat

blog saya juga jadi korban :'D... apakah jika artikel di copas nanti blog akan menurun seonya???

Bener banget ini bro.. suka kesel kalo artikel dicopas, dan tambah kesel lagi kalo si tukang copas itu artikel nya nangkring diatas kita.. asli kesel.. wkwk. walaupun ane dulu waktu baru mulai ngeblog sih suka nyolong gambar juga, abisnya gak tau sih.. hihi.. tapi sekarang klo ane mau ambil gambar selalu ane tulis sumbernya.. :D

Ketika lu nulis sendiri terus di copas rasanya pengen bannet tuh blog ya

lebih baik pasang scrip untuk mencegah plagiat blogger menyalin artikel kita....

Ngeri kalo di lakukan tapi kalo ngga di lakukan mah biasa aja gan hhe

Menurut saya berpengaruh mas biasanya artikel copas secara full kalo di search engine nangkring 1 tingkat di atas kita, blog kita yang ori malah jadi jelek

Bener banget mass seringnya emang gitu artikel curian nangkring 1 level diatas kita, sama mas saya juga sampe sekarang masih kebingungan kalo nyari gambar rata-rata ada hakciptanya sedangkan ane nyari yang ngga ada hak ciptanya gambarnya tidak sesuai. Ambil aja di pixabay disitu bebas hak cipta gan ane juga ambil disitu

Rasanya emosi gan yang pasti, ane juga udah kunjungi tuh blog si pencuri artikel sambil ninggalin jejak dikira ane gatau mungkin wkwk

Percuma gan mau dipasang scrip anti copaspun tetep saja bisa di copas kalo copynya lewat judul blog baru seret ke artikel

mending nulis sendiri sambil belajar

Berkomentarlah dengan bijak sesuai isi artikel dan jangan menyertakan link aktif
EmoticonEmoticon