Tuesday 18 April 2017

Pengertian Tentang Mesin Pencari atau Search Engine dan Cara Kerjanya

Fungsi Mesin Pencari - Selama ini banyak orang yang menggunakan internet sebagai kebutuhan pokok sehari-hari, untuk mencari segala sesuatu yang mungkin belum kita ketahui.

Saya yakin dari semua pengguna internet pasti rata-rata menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu yang akan mereka cari, namun meski kita sering menggunakan jasa dari mesin pencari belum tentu juga kita mengetahui fungsi dari mesin pencari.

Maka dari itu pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit apa yang saya ketahui mengenai mesin pencari, harapannya setelah membaca artikel ini kita tidak hanya sekedar menggunakannya saja tetapi juga mengetahui fungsi dari mesin pencari (walaupun sedikit).

Apa itu mesin pencari/ search engine

Mesin pencari atau dalam bahasa inggris search engine adalah sebuah program komputer yang sengaja di ciptakan untuk melakukan/ mempermudah pencarian terhadap suatu berkas-berkas.

Cara kerja mesin pencari sebetulnya simpel yaitu dengan cara memasukan salah satu kata kunci yang akan sobat cari pada kolom pencarian, lalu mesin pencari akan bekerja dengan cara mencari suatu berkas-berkas pada database yang telah di buat sebelumnya.

Setelah mesin pencari menemukan data yang sesuai dengan database, mereka akan memberitahukan hasil yang akurat dengan kata kunci yang dicari. Tetapi jika kata kunci yang di cari tidak ada kecocokan dengan database, maka mereka tidak akan menampilkan hasil tersebut.

Sebagian orang selalu berfokus pada internet sehingga mereka tidak menyadari bahwa ternyata mesin pencari tidak hanya di gunakan di internet saja, tetapi juga di gunakan pada perangkat offline yang kita miliki android/ komputer.

Sebagai contoh sobat mempunyai sebuah komputer lalu sobat ingin mencari sebuah folder atau software yang terdapat pada komputer sobat dengan cepat, maka jalan yang harus sobat tempuh adalah dengan menggunakan mesin pencari betul tidak ?

Jika folder/ software tersebut pernah sobat buat/ instal maka mesin pencari akan menampilkan hasil yang sobat cari, tetapi sebaliknya jika memang folder/ software yang akan sobat cari sebelumnya memang tidak ada di komputer sobat.

Sudah di pastikan mesin pencari akan memberitahukan bahwa kata kunci yang sobat cari tidak di temukan, karena itulah mereka menampilkan apa yang memang ada dan apa yang memang tidak ada.

Mesin pencari web/ web search engine

Sebetulnya mesin pencari biasa dan mesin pencari web sama saja tidak ada perbedaan, jika kita melihat dari fungsi yang dan manfaatnya. Hanya saja kedua mesin pencari tersebut ada sedikit perbedaan, dalam cara kerja dan menentukal hasilnya.

Jika mesin pencari biasa hanya untuk mencari sebuah data yang di kategorikan offline tetapi mesin pencari web hanya di khususkan untuk mencari data yang di kategorikan online (terdapat di internet).

Mesin pencari web akan mencari berkas-berkas yang sebelumnya telah tersimpan dalam layanan www (world wide web), seperti situs web, gambar, file dan lain sebagainya. Biasanya mesin pencari web mengumpulkan data dengan cara melalui robot yang terdapat di web (web crawler).

Robot web/ web crawler akan mengikuti dan menganalisa setiap hyperlink yang ada di www setelah itu di simpan untuk di tentukan mana yang tepat dengan apa yang sedang kita cari, umumnya setiap mesin pencari mempunyai algoritma yang berbeda-beda dalam menentukan hasil yang di cari.

Sebagai contoh sobat mencari kata kunci "ingin belajar" melalui mesin pencari google urutan teratas yang sobat temui website milik saya, nah jika sobat mencari kata kunci yang sama tetapi dengan mesin pencari yang berbeda seperti yahoo bisa saja hasil yang sobat dapatkan berbeda dari mesin pencari milik google.

Selain faktor dari algoritma masing-masing setiap mesin pencari faktor tersebut biasanya juga di pengaruhi oleh si pemilik website/ blog dll dalam menerapkan sebuah SEO (Search Engine Optimization) agar dapat di tempatkan di urutan teratas oleh mesin pencari.

Jadi bisa di simpulkan bahwa antara mesin pencari biasa dan mesin pencari web tujuannya sama cara kerjanya berbeda, seperti dinamis dan statis dimana mesin pencari offline mau sobat cari apa juga hasilnya tidak akan berubah-ubah sedangkan online hasilnya akan selalu berubah-ubah setiap saat.

Seperti yang kita ketahui di dalam internet menyimpan berbagai situs yang sangat banyak sekali, sehingga tidak mungkin juga kalo kita hitung ataupun cari semuanya secara manual tanpa adanya bantuan dari mesin pencari.

Untuk dapat menemukan suatu situs atau berkas-berkas yang terdapat di internet dengan cepat kita membutuhkan suatu alat yang terdapat di internet, sebut saja salah satunya mesin pencari web/ web search engine.

Disinilah peran penting dari mesin pencari, jadi bisa kita simpulkan bahwa mesin pencari membantu/ mempercepat untuk menemukan suatu berkas yang akan kita cari.

2 comments

Makasih mas infonya tambah pengetahuan nih..

Sama sama mas semoga bisa nambah pengetahuannya

Berkomentarlah dengan bijak sesuai isi artikel dan jangan menyertakan link aktif
EmoticonEmoticon