Sunday 18 February 2018

Cara Menghemat Kuota Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer, untuk mencari teman yang belum Anda temui sebelumnya di kehidupan nyata. Karena memang sosial media ini di kususkan untuk menambah, ataupun berinteraksi dengan antar sesama pengguna facebook.

Dengan adanya Facebook kita dapat memiliki teman dari berbagai kota, provinsi dan bisa juga dari berbagai negara. Selain di gunakan untuk menambahkan teman, Facebook juga dapat mengirim pesan, foto, video dan bisa juga untuk bermain game.

Banyak sekali hal-hal menarik yang bisa kita dapatkan, melalui jejaring sosial facebook. Contohnya saat kita sedang asik mengomentari status teman, foto teman, video, atau asik berdiskusi melalui group-group yang terdapat di layanan Facebook.

Kamu pengguna aktif Facebook ? Jika iya pasti kamu sering menyadari, bahwa kuota internet yang kamu miliki terasa boros saat menggunakan Facebook. Terutama saat kamu sedang melihat gambar ataupun memutar video yang di bagikan oleh teman kamu.

Hal seperti itu tentu akan membuat kamu sering melakukan pengisian kuota dalam jangka yang cukup pendek, dan membuat dompet kamu seperti peci. Untungnya disini saya punya tips buat kamu, agar kuota internet kamu tidak cepat habis saat sedang menggunakan layanan Facebook.

Ada banyak sekali jalan terobosan untuk dapat mengakses Facebook, tetapi tidak terlalu banyak memakan kuota. Dan di bawah ini akan saya jelaskan beberapa tips, yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu yang selalu aktif di jejaring sosial Facebook.

1. Menghemat Data Melalui Aplikasi Facebook

Buka aplikasi Facebook dan klik icon 3 garis di bagian atas sebelah kanan (Pengaturan), setelah itu silahkan pilih Penghemat Data dan aktifkan mode penghemat data. Tujuannya untuk menyaring data yang terkirim, dan akan menekan pengeluaran data supaya tidak terlalu banyak data yang termakan.

Pengaturan penghemat data facebook
Selanjutnya silahkan scrol kebawah cari tombol pengaturan aplikasi, jika sudah matikan tombol mengunggah kontak secara terus menerus, tautan terbuka secara eksternal, unggah semua foto dalam HD, unggah semua video secara HD, dan telahir pada bagian putar otomatis silahkan pilih jangan pernah putar video otomatis.
Pengaturan aplikasi lanjutan facebook
Hal ini bertujuan supaya foto ataupun video yang akan kamu unggah ke Facebook tidak secara otomatis merubah ukuran menjadi HD, di ukuran HD inilah penyebab borosnya kuota. Sedangkan pada bagian putar otomatis bertujuan, mencegah terjadinya pemutaran video sendiri atau secara otomatis, (tanpa ijin kamu) padahal kita sendiri tidak ingin memutarnya.

2. Menghemat Data Dengan Menggunakan Aplikasi Facebook Lite

Cara termudah untuk menghemat kuota di Facebook adalah menggunakan aplikasi Facebook lite, aplikasi ini di ciptakan khusus untuk mengoptimalkan kinerja hp dan jaringan kamu. Jadi dengan menggunakan aplikasi Facebook lite ini, data yang akan terkirim jauh lebih sedikit dari aplikasi facebook.

Adapun kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu adalah ukurannya yang jauh sangat kecil hanya sekitar 1,6 MB saja, jadi tidak akan membuat hp kamu menjadi lag. Selain itu aplikasi ini juga dapat meningkatkan kecepatan loading, pada saat kondisi internet kamu yang sedang buruk sekalipun.

3. Menggunakan Browser Opera Mini

Cara lain agar kamu tetap dapat eksis di jejaring sosial Facebook adalah menggunakan browser Opera mini, Opera mini menjadi pilihan favorite saya untuk mengakses Facebook. Karena ukurannya yang sangat kecil, Operamini juga telah di bekali fitur penghematan data, yang sudah di klaim dapat menghemat data kita sampai 60%.

Itulah beberapa tips dari saya untuk menghemat data pada saat mengakses Facebook, semoga bisa bermanfaat ya. SEKIAN DAN TERIMA GAJIH.

Berkomentarlah dengan bijak sesuai isi artikel dan jangan menyertakan link aktif
EmoticonEmoticon