Sunday 4 March 2018

Cara Menghemat Kuota BBM Di Android

Aplikasi BBM Hemat Kuota - Berbagai jejaring sosial bisa kita manfaatkan untuk melakukan komunikasi dengan teman ataupun sodara, salah satunya adalah aplikasi pengirim pesan instant yang saat ini sedang populer.

Blackberry Messenger atau biasa kita kenal dengan nama BBM merupakan aplikasi chating yang sangat di minati oleh sebagian besar pengguna andoid, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa kita gunakan untuk keseruan chating.

Salah satu fitur menarik yang paling sering di gunakan adalah BlackBerry Broadcaster atau biasa di singkat dengan nama BC, kelebihan fitur ini kita dapat mengirim satu pesan ke beberapa kontak sekaligus tanpa ribet harus mengirimnya satu persatu.

Selain itu fitur BC juga dapat di manfaatkan untuk kepentingan promosi, seperti mempromosikan barang, merek, produk, smartphone atau bisa juga untuk mempromosikan teman kamu yang baru saja menggunakan aplikasi BBM.

Tetapi sayangnya aplikasi BBM ini tergolong boros dalam hal pemakaian kuota di bandingkan dengan aplikasi chating yang lainnya, banyak sekali faktor yang membuat kuota internet menjadi boros saat menggunakan aplikasi BBM.

Contohnya pada saat kita mengirim pesan dimana konon katanya 1 huruf yang kita kirim akan menghabiskan kuota sebesar 1KB, itu 1 huruf kalo kita ngirim beberapa kata seperti "aku sayang kamu" = 12 huruf jika di akumulasikan ke data 1×12= 12KB.

Bisa di bayangkan untuk mengirim kata sesingkat aku sayang kamu aja memerlukan kuota yang lumayan apalagi jika kita mengirim kata yang cukup banyak, pasti akan memerlukan kuota yang cukup besar itupun hanya 1x pengiriman pesan.

Pastinya ngga mungkin juga kan kita ngirim cuma 1 pesan saja, apalagi saat teman atau sodara yang kita kirim melakukan pembalasan, kita sebagai penerimapun akan di kenakan biaya yang sama seperti saat kita mengirim pesan.

Perhitungan BBM bukan hanya disitu saja tetapi pada saat kita menerima BC, mengganti profil bbm, membuat status/ melihat status, mengirim gambar/ menerima gambar, melakukan video call, menampilkan musik yang kita dengar/ teman dengar, melihat umpan bbm dll.

Di atas merupakan perhitungan yang paling banyak memakan kuota internet bahkan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan saat mengirim pesan, maka tidak heran jika aplikasi BBM tergolong sangat boros saat di gunakan.

Solusi yang tepat untuk meminimalisir penggunaan kuota BBM adalah dengan mematikan fitur yang menurut kita tidak terlalu penting, dan di bawah ini akan saya jelaskan cara mematikan fitur di BBM untuk menghemat kuota internet.

  • Masuk ke menu setelan pada aplikasi bbm klik akun hilangkan tanda centang pada bagian tampilkan negara dan waktu saya, hilangkan juga tanda centang pada tampilkan yang sedang saya dengarkan.
Hal ini bertujuan supaya negara dan waktu kita tidak di tampilkan di bbm sehingga tidak memakan kuota untuk menampikannya, sedangkan untuk yang saya dengarkan bertujuan untuk tidak menampilkan musik yang sedang kita dengarkan, tidak memakan kuota juga untuk menampilkannya.

  • Klik Umum hilangkan tanda centang pada tampilkan yang di dengar orang lain, save pictures and videos, selalu terima permintaan gambar HD.
Hal ini bertujuan supaya musik yang sedang di dengar oleh teman kita tidak tampil di umpan bbm kita, save picture and videos sendiri supaya foto dan video yang kita terima tidak tersimpan di hp kita, sedangkan selalu terima gambar HD bertujuan supaya foto yang kita terima tidak secara otomatis berukuran HD inilah yang menjadi penyebab boros kuota.

  • Klik Obrolan hilangkan tanda centang pada tampilkan gambar tampilan dalam obrolan
Menghapus tanda centang pada bagian ini bertujuan untuk tidak menampilkan foto profil kita dan teman kita pada saat sedang chating, sehingga tidak memakan kuota untuk menampilkan gambar.

  • Klik Grup hilangkan tanda centang notifikasi obrolan untuk group ini.
Menghilangkan tanda centang pada group BBM bertujuan supaya segala aktifitas yang ada di group tidak akan memakan kuota, karena kita telah mematikan pemberitahuan tersebut.
Umpan bbm adalah pusat untuk menampilkan semua aktifitas atau konten yang sedang teman kamu lakukan seperti melihat status, foto dll. untuk meload umpan bbm membutuhkan data yang cukup besar supaya dapat terlihat semuanya.

Agar load konten di umpan bbm tidak terlalu memakan banyak kuota silahkan teman-teman sembunyikan salah satu postingan yang dirasa tidak terlalu penting, caranya simpel cukup menekan salah satu status/ foto teman tunggu hingga beberapa detik setelah itu tekan gambar mata.

Nanti teman-teman akan menemukan 2 opsi yang akan teman-teman sembunyikan, silahkan pilih salah satunya. Jika ingin mengembalikan umpan tersebut teman-teman bisa membatalkannya melalui pengaturan kontak lalu pilih kontak dan umpan yang di blokir.

Cara menghemat kuota yang telahir yaitu selalu hapus obrolan yang sudah tidak penting lagi, supaya pada saat kita masuk ke bagian obrolan yang ada di BBM data yang terkirim untuk meload/ menampilkan pesan tidak terlalu banyak.

Berkomentarlah dengan bijak sesuai isi artikel dan jangan menyertakan link aktif
EmoticonEmoticon